Sofra-tulle : Kasa Yang Diresapi Antibiotika Framycetin Sulphate BP 1%

Apa itu Sofra Tulle? Sofra Tulle adalah kasa yang dirancang khusus untuk merawat luka infeksi. Kasa ini mengandung antibiotik framisetin sulfat yang bisa mencegah dan mengobati infeksi bakteri pada luka. Bagaimana cara menggunakan Sofra Tulle? Simak penjelasannya di artikel ini.


Pabrik

Sanofi Aventis.

Komposisi

Untuk satu kain kasa ukuran 10 cm x 10 cm mengandung 2.1 g salep.
Setiap gram salep mengandung :
Bahan berkhasiat :
1. Framicetin sulfate0.011 g

Bahan penambah :

2. Wool fat (BP)0.100 g
3. White soft paraffin (BP)0.889 g
Total1.000 g

 

Sifat-sifat

Merupakan kain kasa yang diresapi antibiotika framisetin sulfat BP 1% dalam basis lano-parafin.

Indikasi

Sofra-tulle mempunyai cakupan aktifitas anti bakteri dan merupakan kasa ideal yang dapat segera digunakan untuk menutup bermacam-macam lesi yang terinfeksi, antara lain :
  • Luka bakar / melepuh yang ringan.
  • Laserasi, abrasi, luka gigit, luka terkoyak.
  • Infeksi kulit sekunder (misalnya pada eksema, dermatitis, herpes zoster). 

Kontraindikasi / peringatan

Sofra-tulle tidak boleh digunakan pada orang yang telah diketahui alergi terhadap lanolin atau framisetin dan juga jika organisme penyebab infeksi telah diketahui resisten terhadap framisetin.

Perhatian

Sensitisasi silang terhadap framisetin dapat timbul pada pasien yang diketahui alergi terhadap antibiotik derivat streptomises (neomisin, paramomisin, kanamisin). Pada umumnya antibiotika yang terabsorpsi oleh kulit dapat diabaikan jumlahnya. Tetapi jika digunakan pada permukaan kulit yang luas (30% atau lebih dari permukaan tubuh) dalam waktu lama, maka kemungkinan terjadinya ototoksik perlu dipertimbangkan.

Dosis dan cara pemakaian

Jika perlu dan memungkinkan, bersihkan lesi lebih dahulu sebelum ditutup dengan selapis sofra-tulle. Kemudian dibalut sebagaimana mestinya. Untuk ulkus, sofra-tulle digunting lebih dahulu sebatas luka ulkus.
Jika lesi merupakan lesi basah dengan banyak eksudat, dianjurkan mengganti sofra-tulle sekurang-kurangnya sekali sehari.
Catatan : kasa sofra-tulle ditempatkan diantara 2 lembar kertas pelapis.
Untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan guntinglah sofra-tulle bersama kertas pelapisnya. Buang kertasnya sewaktu ditempelkan diatas lesi.

FAQ

  • Lama pemakaian Sofratulle?
    Sofra Tulle adalah kasa yang dilapisi dengan antibiotik framisetin sulfat yang digunakan untuk menutup luka infeksi. Lama pemakaian Sofra Tulle tergantung pada kondisi luka dan anjuran dokter. Secara umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Sofra Tulle, yaitu:

    - Sebelum memakai Sofra Tulle, sebaiknya luka dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan infus NaCl atau air bersih.
    - Jika luka mengeluarkan cairan banyak, disarankan untuk mengganti Sofra Tulle sekali per hari.
    - Jika kasa menempel pada luka, basahi kasa dengan cairan infus NaCl atau air bersih agar mudah dilepas. Hindari menarik kasa secara paksa karena bisa menyebabkan luka baru.
    - Jangan memakai Sofra Tulle lebih dari 10 hari berturut-turut tanpa konsultasi dokter karena bisa menimbulkan efek samping seperti ototoksisitas (kerusakan saraf pendengaran atau keseimbangan) terutama jika luka terbuka, luas, atau gangguan ginjal.
    - Perhatikan tanda-tanda infeksi pada luka seperti kemerahan, bengkak, nyeri, nanah, atau demam. Jika ada tanda-tanda tersebut, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Previous Post Next Post